New Post

Cara Menyimpan Gambar Lockscreen ( Save Lockscreen Image ) Windows 10 tanpa printscreen


Saat mau login windows 10 biasanya tampilan pertamanya adalah lockscreen. jika terhubung ke internet, background lockscreen akan terus berubah setelah melakukan restart windows. kadang kita tertarik untuk menyompan gambar bakcground yang di tampilkan. cara menyimpan yang paling mudah tentunya dengan cara screenshot layar, akan tetapi cara tersebut tidak tepat karena semau tampilan di layar akan tercapture seperti tampilan tanggal dan waktu. Berikut adalah langkah sederhana untuk menyimpan gambar background lockscreen tanpa printscreen.

  • Buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Win+R
  • Basukan perintah di bawah untuk masuk ke folder lokasi Gambar Lockscreen tersimpan
%userprofile%\AppData\Local\Packages\Microsoft.Windows.ContentDeliveryManager_cw5n1h2txyewy\LocalState\Assets
  • Pada folder Assets adalah lokasi gambar locscreen tersimpan. tapi semua file di tampilkan bukan file .jpg

  • Untuk merubah file tersebut ke file .jpg, silahkan copy semua file yang ada di folder assets ke lokasi folder lain. sebagai contoh saya mengcopy nya ke folder Lockscreen pada partisi E:.
  • Untuk menjadikan seluruh file tadi ke file .jpg kita hanya perlu me rename file tersebut ke file dengan ekstensi .jpg. untuk cara cepatnya dapat menggunakan perintah ren *.* *.jpg pada command prompt.
  • Pertama buka Command Prompt, dan masuk ke lokasi file yang sudah di copy dari folder assets. sebagai contoh saya masuk ke folder Lockscreen yang berada di Partisi E:

perintah ren    : Berfungsi untuk rename file atau direktori
perintah *.*    : megambil semua file yang ada pada folder Lockscreen 
perintah *.jpg : Merubah nama semua file yang ada pada folder menjadi file.jpg
  • Berikut adalah hasilnya

No comments